YAMAHA VIXION INJEKSI
Meski slogan Selalu Terdepan sudah digugat, Yamaha tetap berhasil membuktikan lewat peluncuran V-ixion. Motor sport baru yang mengusung mesin 150 cc 4-tak 4 klep dan sistem suplai bahan bakar secara elektronik injeksi. Wuih… pantas kalau sekarang berganti slogan jadi Semakin Di Depan. Namanya sudah pasti V-ixion yang bukan Viper. Ini sesuai janji Bambang Asmarabudi, General Manager Promotion dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Dia bicara setahun lalu, katanya Yamaha akan merilis motor injeksi syarat teknologi dengan banderol terjangkau.KLIK - Detail
Terbukti sekarang. V-ixion bakal dilego Rp 16 juta off the road. Kemungkinan berikut pajak dan BBN akan jadi Rp 17,5 juta on the road. Ini tentu bikin pusing pesaing bermain di sport 150 cc yang betah dengan teknologi lama.
KLIK - DetailNah, pasti penasaran kan teknologi yang diusung V-ixion. Tapi, bocorannya bukan dari pihak YMKI. Mereka belum berani buka mulut. Berarti yang baca tulisan ini dapat liputan eksklusif.
MESIN MX BORE UP KLIK - DetailSecara konstruksi dan tampilan, sekilas seperti mesin bebek Yamaha Jupiter MX 135LC. Tapi, ini versi bore up. Berpendingin air dengan kapasitas silinder bersih 149,7 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 57 x 58,7 mm. Sama dengan pembesaran diameter silinder. Beda dikit sama MX yang 135 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 54 x 58,7 cc. Tapi bedanya mesin V-ixion dengan injeksi bensin. Wajar jika power V-ixion 14,89 dk. Sedang MX hanya 11,33 dk. Tentu kapasitas silinder bengkak diikuti komponen pendukung. Seperti volume oli mesin yang di MX hanya 1.000 (800 cc jika ganti) kini jadi 1,15 liter (1.000 cc jika ganti). Air pendingin juga lebih banyak 10 cc.
ELECTRONIC FUEL INJECTION Yamaha tepat membidik pasar. Teknologi injeksi bensin yang belum familiar diterapkan pada motor sport yang sasarannya kalangan menengah ke atas. Jadi, nggak salah tembak gituuuu.KLIK - Detail Disuplai trottle body dari Mikuni tipe SE AC28-I. Cukup besar memang. Sama dengan diameter venturi 28 mm. Karbu Jupiter MX cuma berventuri 22 mm. Tapi, pihak Yamaha menjamin bakal lebih terkontrol dan irit. Katanya juga, pas untuk lalu lintas perkotaan yang padat. Perawatan murah serta mud
4 KLEP DAN PENDINGIN AIR KLIK - DetailSama seperti Jupiter MX, dilengkapi 4 klep namun noken as atau kem hanya satu. Kelebihannya sedikit gesekkan. Lebih murah, efisien juga mudah dimodifikasi. Juga menggunakan pendingin air. Ini dikarenakan mengusung mesin kompresi tinggi. Dari spek terlihat rasio kompresi 10,4 : 1. Pendingin air mampu meredam panas dari kompresi. Selin itu, tenaga maksimal, irit bensin dan suhu tetap stabil.
DIASIL SILINDER Ini juga sama dengan teknologi MX. Silinder tanpa liner dari bahan aluminium alloy dan silicon melalui proses cetak. Meski tidak bisa oversize namun lebih keras atau tidak mudah uas. Makanya Yamaha memberi garansi 5 tahun atau 50.000 km.
PISTON FORGED Ini juga sama seperti teknologi di MX. Menggunakan piston dengan sistem tempa atau cetak langsung jadi. Sangat kuat dan daya tahan tinggi. Makanya garansi 5 tahun atau 50.000 km.
AKI MF Ini termasuk baru di produk Yamaha. Sebelumnya, aki di motor produksi Yamaha selalu menggunakan tipe basah. Nah, sekarang di V-ixion sudah pakai tipe kering alias MF (Maintenance Free) yan bebasa perawatan.
Spesifikasi* :
MESIN: Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC Susunan Silinder Forward – Inclined Single Cylinder Volume Silinder 149.80 cc Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm Perbandingan Kompresi 10.40 : 1 Tenaga Maksimum 11.10 kW @8500 rpm Torsi Maksimum 13.10 Nm @7500 rpm Sistem Pelumasan Wet Sump / Pelumasan Basah Kapasitas Oli Mesin 1.15 Liter Kapasitas Air Pendingin Tangki Recovery 0.4 Liter Total 0.79 Liter Kapasitas Tangki Bensin 12.0 Liter Throttle body MIKUNI SE AC28-1 Putaran Langsam Mesin 1400 ± 100 rpm Saringan Udara Dry Element Sistem Starter Electric Starter and Kick Starter Kopling Wet, Multiple-Disc Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical
RANGKA: Tipe Rangka Delta Box Frame / Pressed Backbone Suspensi Depan Telescopic Fork Suspensi Belakang Swingarm (Link Suspension) Rem Depan Single Disc Brake 245.0x 4.0 mm Rem Belakang Drum Brake (Leading, Trailing) 130.0mm Ban Depan 2.75 – 17 41P Ban Belakang 90/90 – 17M/C 49P Ukuran Rantai 428, Jumlah mata rantai 120
KELISTRIKAN: Lampu Depan 12V, 35W / 35.0W x 1 Lampu Sein Depan 12V, 10.0W x 2 Lampu Belakang 12V, 5.0W x 1 Lampu Rem 12V, 5.0W / 21.0W x 1 Lampu Sein Belakang 12V, 10.0W x 2 Battery 3.5 A Busi / SparkPlug NGK CR8E DENSO U 24 ESR-N Sistem Pengapian DC – CDI [Full Transistor] Sekring 20 A
DIMENSI: P x L x T 2000 mm x 705 mm x 1035 mm Tinggi Tempat Duduk 790 mm Jarak Sumbu Roda 1282 mm Jarak Terendah ke Tanah 167 mm Berat Kosong 114.0 kg
*Spesifikasi dapat berubah menunggu data dari pihak pabrikan sumber : M+
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar